Senin, 26 Maret 2012

Dosa Termanis


Tahun pertama

21 januari 2010 adalah hari ulang tahun saya yang ke 23.

Baru tahun ini, saya merayakan ulang tahun di tanggal 21 dan SEMUA ORANG tau.
Semua orang dalam artian bukan hanya keluarga dan sahabat tapi orang lain yang ga bgitu dekat dengan saya, hanya sekedar kenal nama atau kenal muka :p

“emang sblumnya ultahnya tgl brp?”

“good question.”

Saya sangat beruntung. Bukan hanya terlahir dengan 2 buah mata (yang sebelah kanan lebih kecil :p) tetapi saya juga punya 2 tanggal lahir.
21 januari dan 29 januari.



Saya sebenarnya lahir tanggal 21 januari namun karena kesalahan terindah dari almarhum kakek saya, maka saya pun tercatat d akte kelahiran dengan tanggal 29 januari 1987 karena itulah KTP, ijazah-ijazah dan smua piagam-piagam penghargaan (pameer, hehe) tertulis INDAM DEWI, tanggal lahir 29 januari 1987, hehehe…

Kemudian,
Entah karena iseng, sengaja atau whatever the reason, dari kecil saya selalu merayakan ultah pada tanggal 29 januari. Temen-temen SD, SMP, SMA, Kuliah bahkan orang-orang kantor smua tau kalo saya lahir pada tanggal 29 bukan tanggal 21 dan smua doa dan kado slalu diberikan pada tanggal 29 januari bukan 21.

Saat berkenalan dengan orang baru, trus ditanya : ‘ultahnya tanggal brapa wi?’ dengan lancar mulut ini langsung menjawab ’29 januari’. Nanti setelah ternyata ‘orang baru’ yang dimaksud dapat dipercaya dan bisa menjadi sahabat atau orang dekat baru deh saya cerita ‘eh, tau ga, saya kan lahirnya tanggal 21 januari bukan 29, hehehe’ dan mereka menganggap itu sangat TIDAK LUCU. Dan tidak meng-hehehehe-kan ucapan saya.

Saya bukannya melakukan pembohongan publik dengan membiarkan orang-orang mengucapkan ‘selamat ulang tahun’ di tanggal yg SALAH, tapi memang begitu adanya. Saya tiap tahun (hampir 20 tahun) merayakan 2x ulang tahun. 21 januari biasanya menjadi hari ultah saya bersama keluarga dan sahabat-sahabat. Dan 29 januari adalah hari ultah saya bersama teman-teman sekolah, kampus, dan kantor. Ritual make a wish pun saya lakukan 2x.

Tapi tahun ini berbeda. 21 januari akan bangga karena tahun ini semua orang akan tau ‘dialah’ tanggal yang sebenarnya untuk indam dewi, bukan tanggal 29. Hehe.. dan untuk tanggal 29 januari, stay cool aja, saya mendaftar di kfc music hitter dengan melampirkan ktp, jadi se-bucket ayam sebagai hadiah dari kfc HANYA bisa dimakan tanggal 29 bukan 21 :p

Untuk smua teman-teman yang dari dulu ngucapin selamat dan memberikan doa tanggal 29 januari, saya berterima kasih sedalam-dalamnya dan mohon maaf atas kesalahan indah yg sudah sy buat ini. Doa kalian tetap dikabulkan oleh Allah swt. Buktinya sampai skarang saya makin ‘hebat’ berkat doa kalian, walaupun salah tanggal tapi Tuhan ‘juga ngerti’.

Untuk teman-teman sekolah saya dulu; tk, sd, smp, sma, yang sering meminta saya untuk menuliskan biodata di buku pribadi kalian, luangkan waktu 2 menit untuk meng-tipeX kan ‘TTL’ saya dan merubah 29 menjadi 21 januari. Hehehe.

Untuk bos dan teman-teman kantor, terima kasih untuk email-email (milis) ucapan ultah tanggal 29 januari beberapa tahun belakangan ini. Berhentilah menggabungkan ucapan ultah saya dengan bp elias iyai, karna 29 januari hanya untuk pa eli. Buatlah email khusus untuk ‘saya sendiri’ di tanggal 21.

Tahun pertama untuk 21 januari ini semoga menjadi tahun perubahan yang berarti untuk saya. ‘keadaan’ begitu cepat berubah. Andaikan saya masuk mesin waktu kemarin dan muncul hari ini, pasti saya akan terkejut melihat perubahan yang terjadi. Baru kemarin, tapi keadaan begitu lain. Waktu kadang berubah ‘jahat’ disaat saya menginginkan dia menjadi ‘baik’. Banyak hal yang ingin saya ubah tahun ini. Yang ‘buruk’ menjadi ‘baik’ dan yang ‘baik’ tetaplah ‘baik’, jika ‘lebih baik’ itu sulit. Smoga dengan 'membiarkan' orang banyak tau tanggal lahir saya yang sebenarnya menjadi 'awal' dari sebuah 'perubahan'.

Untuk Allah SWT, terima kasih telah membukakan pintu Doa untuk ultah saya 2x tiap tahunnya. Begitu Banyak doa yang Engkau kabulkan telah memberiku kekuatan. Karena dengan kuat saya bisa bertahan dan tidak ada waktu untuk meratapi keadaan.

Saya, indam dewi, memang punya banyak cerita. Bahkan dengan topik ‘TANGGAL LAHIR’ pun, saya bisa bercerita banyak.

18 januari 2010.
00.16

*note iseng tanpa konsep dengan tujuan yang ‘mulia’. Smoga berarti dan dimengerti.

*thanks to matchbox 20 ‘if u’re gone’, michelle branch ‘everywhere’, Alicia keys ‘try sleeping with a broken heart’, belasting 'hantui aku', incubus ‘drive’, five for fighting ‘superman (it’s not easy), lily allen ‘littlest things’—yang telah menemani saya menulis note ini, disaat 'yang lain' enggan menemani.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar